Curug Sumuran, Desa Seloprojo, Kec. Ngablak

Created At : 2015-04-09 05:13:27 Oleh : ngablak Berita / Artikel Dibaca : 511
Air Terjun Seloprojo atau yang lebih dikenal dengan nama Curug Sumuran,lantaran di beberapa meter sebelum ujung atas air terjun, terdapat lubang seperti sumur dengan kedalaman sekitar 8-10 meter. Air terjun ini berada di kawasan kaki Gunung Telomoyo atau tepatnya di desa Seloprojo Kecamatan Ngablak . Air terjun ini memiliki ketinggian terjenunan air sekitar 35 meter.
Jalan setapak menuju Curug Sumuran
Untuk menuju air terjun ini tidak sulit dan terjangkau kendaraan umum.  Jika dari arah Salatiga, dapat lewat Pasar Ngablak.  Lalu belok ke kanan melewati depan Kantor Kecamatan Ngablak menuju Desa Seloprojo. Sedangakn kalau dari arah Magelang atau Semarang, dapat lewat depan Puskesmas Grabag menuju ke Seloprojo.  Kondisi jalan menuju kesana sudah beraspal akan tetapi berkelok-kelok dan banyak tanjakan dengan tikungan yang agak tajam dan memiliki pemandangan yang indah karena di apit Gunung Andong dan Gunung Telomoyo. Setelah sampai desa Pagergunung , nanti belok kiri menuju Seloprojo dengan jarak sekitar 1 Km dari jalan raya.
Curug Sumuran
Setelah sampai di Desa Seloprojo dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak.  Bagi yang mengendari mobil dapat memarkir kendaraannya di halaman rumah penduduk.  Jarak dari desa ini ke air terjun sekitar 1,5 km. Jika naik kendaraan roda dua dapat langsung diparkir di dekat loket penjualan tiket atau dikendarai menyusuri jalan tanah hingga ke areal hutan pinus, tidak jauh dari air terjun.
Harga tiket masuk dan uang parkir sangat terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantong kempes.
Kolam penampungan Curug Sumuran
Didasar air terjun ini terdapat bak penampungan limpahan air yang terdiri dua tingkat.  Pada sisi depan bak penampungan ini terdapat ornamen kepala singa. Dari kepala singa inilah limpahan air mengalir ke kolam dibawahnya dan dialirkan lagi ke selokan yang digunakan masyarakat untuk kepentingan pengairan. Sebuah jembatan berpagar besi menjadi penghias air terjun ini.
Setiap pengunjung dijamin akan puas dan fres lagi setelah mengunjungi Air Terjun Sumuran.